![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model project based learning berbantuan phet untuk meningkatkan keterampilan proses sains
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Nina Mariyana
- Identitas : 200661028 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan phet untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Pada penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimen dengan desain One-group Pretest-posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling di kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa observasi, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai Pretes sebesar 40,95 dan nilai posttest sebesar 76,05 artinya terdapat meningkatkan setelah diberi perlakuan pembelajaran. Indikator keterampilan proses sains terendah terdapat pada indikator komunikasi dengan nilai rata-rata 25% dan tertinggi pada indikator klasifikasi dengan nilai 63%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan PhET dengan nilai rata-rata 90% dengan kategori hampir seluruh kegiatan terlaksana. Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan PhET terhadap keterampilan proses sains dengan membuktikan hasil N-Gain sebesar 63% dengan Kategori sedang dan uji t dengan hasil nilai signifikan 2 tailed 0,00 ˂ α 0,05 yaitu Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan PhET terhadap keterampilan proses sains. Angket respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning berbantuan PhET dengan nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat setuju. Kata Kunci : Project Based Learning, PhET, Keterampilan Proses Sains




