![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berbasis PhET Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ANNISAH
- Identitas : 200661005 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) berbasis PhET pada materi getaran dan gelombang. Sampel penelitian di ambil pada siswa SMP kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis PhET jumlah keseluruhan 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk tes kemampuan berpikir kritis berupa 10 butir soal pilihan ganda dengan indikator kemampuan berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, Menyusun strategi dan taktik, dan menyimpulkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu 37 menjadi 76 dan pada kelas kontrol mendapatkan hasil rata-rata pre-test sebesar 44 dan post-test sebesar 61. Hasil analisis uji-t (Paired sample t-test) dan uji N-Gain menunjukkan bahwa model pembelajaran POE berbasis PhET mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain, PhET, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa




