![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Observasi dan Kolaborasi pada Mata Pelajaran IPA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Desintha Farah Azzahra
- Identitas : 200661016 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode outdoor learning berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan observasi dan kolaborasi pada mata pelajaran IPA yaitu ekologi dan keanekaragaman hayati. Partisipan penelitian berjumlah 20 siswa kelas VII di MTS Nurul Huda, Sumber. Jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan one group pretest- posttest design. Teknik pengumpulan data dengan soal pretest-posttest dan angket respon siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, LKPD, dan modul ajar. Instrumen keterampilan observasi menggunakan soal pretest-posttest dan angket, serta keterampilan kolaborasi menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan keterampilan observasi, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 30,65 yang dibuktikan dengan hasil uji N-gain. (2) Keterlaksanaan pembelajaran pada metode outdoor learning berbasis proyek berjalan dengan baik. Dibuktikan oleh hasil observasi dengan kategori hampir terlaksana seluruhnya. (3) Respon siswa terhadap penggunaan metode outdoor learning berbasis proyek yang memiliki kategori setuju atau baik. Dibuktikan dengan adanya angket respon siswa dalam keterampilan observasi dengan hasil rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 80,10% dan angket penilaian keterampilan kolaborasi dengan hasil rata-rata penilaian siswa terhadap kinerja diri sendiri dan teman sekolompok secara keseluruhan sebesar 77,5%. Kata Kunci: Outdoor Learning, Berbasis Proyek, Observasi, Kolaborasi




