![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi gempa bumi terhadap hasil belajar siswa di SMP
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Bustomi
- Identitas : 200661018 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick pada materi gempa bumi terhadap hasil siswa SMPN 1. Penelitian menggunakan metode True experimental, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas,terikat dan kontrol. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran dan instrumen pengambilan data yang isinya bentuk soal test yang di gunakan adalah pilihan ganda dengan jumlah 15 butir soal, angket untuk mengukur respon siswa pilihan jawaban pada angket menggunakan 4 pilihan jawaban dengan skor nilai 1-4 dan berjumlah 20 soal dan observasi dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung yang diisi oleh observer berisi soal 6 soal yang di dalamnya tentang ke sesuian proses mengajar di jawab ya/tidak saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: Mengetahui keterlaksanaan, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran pada materi gempa bumi menggunakan model pembelajar Kooperatif tipe talking stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Terdapat keterlaksanaan pembelajaran pada materi Gempa bumi menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick berjalan dengan kategori sangat baik . (2). Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N- Gain score sebesar 0,7874 termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata N-Gain score sebesar 0,6624 termasuk kategori sedang. Pada uji hipotesis menggunakan non parametrik(uji mann whitney) hasilnya adalah 0,008 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima (3). Terdapat respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick memiliki kategori sangat baik dibuktikan dengan hasil rata-rata jawaban siswa setuju dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 87,50 %. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe talking stick, Hasil belajar, Gempa bumi.




