![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model Pembelajaran ADI-STEM terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Gerak dan Gaya
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Siti Suhartini
- Identitas : 200661032 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan argumentasi tertulis siswa pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai sampel, kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: 1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan pendekatan STEM pada materi Gerak dan Gaya di SMP Negeri 2 Lemahabang. 2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran ADI-STEM terhadap kemampuan siswa dalam merumuskan dan menyajikan argumen ilmiah pada materi gerak dan gaya. 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ADI-STEM. Data dikumpulkan melalui tes uraian keterampilan argumentasi sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat keterlaksanaan pembelajaran pada materi gerak dan gaya menggunakan model pembelajaran ADI dengan pendekatan STEM berjalan dengan baik dibuktikan dengan hasil kategori yang hampir terlaksana seluruhnya. 2) Terdapat pengaruh Model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan argumentasi siswa dalam materi gerak dan gaya. Dibuktikan dengan Hasil uji t independent sample menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05) yang berarti Ho ditolak. Serta adanya peningkatan pada hasil uji N-Gain. 3) Terdapat respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ADI-STEM yang memiliki kategori sangat baik dibuktikan dengan hasil rata-rata jawaban siswa setuju dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 82%. Kata Kunci: Argument Driven Inquiry, Pendekatan STEM, Keterampilan Argumentasi




