![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model Pembelajaran PBL ( Problem Based Learning Berbatuan PhET Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Jahrotul Maula Liyana
- Identitas : 200661006 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis PhET terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi unsur senyawa dan campuran pada siswa kelas VIII pada materi unsur senyawa dan campuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain Pretetst – posttest. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 64 orang. Dengan teknik purpossive sampling maka sampel penelitian adalah kelas VIII C yaitu sebanyak 32 orang untuk kelas eksperimen dan kelas VIII D yaitu sebanyak 32 orang untuk kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data mengugunakan tes.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil tes akhir posttest diperoleh rata- rata kelas eksperimen sebesar 91 dan kelas kontrol 70.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data ini tentang pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa t-hitung yang diperoleh yaitu 5.981 sedangkan Uji hipotesis dilakukan untuk menjawab terdapat pengaruh yang signifikan antara PBL terhadap berpikir kreatif siswa. Dasar pengambilan keputusan pada uji t yaitu jika sig. (2- tailed) < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan (Ho ditolak) namun jika sig. (2-tailed) > 0,05 maka tidak terdapat pengaruh signifikan (Ha diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh Berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis Media PhET pada materi unsur senyawa dan campuran pada siswa kelas VIII. Keyword: Model PBL, Berbasis PhET, Keterampilan berpikir kreatif siswa.




