![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Penerapan pembelajaran model PBL Pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NUR HASANAH
- Identitas : 200661010 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Klangenan selama Proses pembelajaran model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Metode penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampelnya menggunakan 20 peserta didik dengan menggunakan teknik Quasi Eksperimen yang melibatkan 2 kelas. Teknik pengumpulan data berupa pretest-posttest untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dan lembar angket respon siswa. Tes yang digunakan diambil berdasarkan dari 5 indikator berpikir kritis yaitu penjelasan sederhana, keterampilan dasar, membuat kesimpulan, penjelasan lebih lanjut dan strategi dan taktik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Pertama, Sebelum diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 40,00. Sedangkan setelah dilakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, rata- rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 82,25. Artinya penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia sebesar 71%. Kedua, Respon siswa kelas VIII terhadap model pembelajaran Problem Based Learning pada Sistem Pernapasan Manusia tergolong siswa lebih semangat 75%, mengeluarkan pendapatnya 75%, ketertarikan dalam pembelajaran 75%, dan mudah sulitnya memahami pembelajaran 85%. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia




