![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Sri Wulan
- Identitas : 200661015 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi unsur, senyawa, dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain non-equivalent control group design.Pengambilan sampel menggunakan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan subjek sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: (1). Mengetahui pengaruh pembelajaran pada materi unsur, senyawa, dan campuran menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi. (2). Efektivitas pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (3) Respon siswa terhadap penggunaan pembelajaran diferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Terdapat pengaruh pembelajaran diferensiasi dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai ini kurang dari 0,005. (2). Pembelajaran diferensiasi efektif digunakan dalam pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil uji N-Gain dan uji Effect size Pada kelas eksperimen memperoleh dengan rata-rata N-gain sebesar 0.70 yang termasuk kategori ‘tinggi’ dan uji effect size memperoleh 0,607 ‘sedang’. (3) Terdapat respon siswa nilai rata-rata 31.59 memiliki kategori baik dengan jawaban siswa setuju. Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, berpikir kreatif, Pembelajaran IPA.




