![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Melinda
- Identitas : 200661009 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran STEAM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Cahaya dan Alat Optik. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain non-equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Tujuan peneltian ini untuk menjawab rumusan: (1). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan pendekatan STEAM. (2) Mengetahui keterlaksanaan penggunaan pendekatan pembelajaran STEAM pada materi cahaya dan alat optik. (3). Respon siswa terhadap penggunaan pendekatan STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Terdapat peningkatan sebesar 72,96% pada kelas eksperimen dibuktikkan dengan hail uji N-Gain yang meningkat (2). Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada materi cahaya dan alat optik dengan pendekatan pembelajaran STEAM berjalan dengan baik dibuktikkan dengan hasil kategori hampir terlaksana seluruhnya. (3). Terdapat respon siswa terhadap penggunaan pendekatan pembelajaran STEAM memiliki kategori baik dibuktikkan dengan hasil rata-rata jawaban siswa setuju dengan nilai rata-rata keseluruhan 79,95%. Kata Kunci: STEAM, Creative thinking skills, IPA




