![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model PjBL-STEM Menggunakan Algodoo Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Kreatif
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Eri Ardiyansah
- Identitas : 200661003 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM menggunakan Algodoo terhadap pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Mundu Tahun 2023/2024. Sampel yang digunakan adalah 20 peserta didik dari kelas IX D dan IX E. Instrumen penelitian menggunakan tes essay terdiri dari 5 soal keterampilan berpikir kritis dan 5 soal keterampilan berpikir kreatif serta angket respon peserta didik terdiri dari aspek menarik, aspek kemudahan dan aspek ketercapaian tujuan pembelajaran. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent sampel t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata – rata pretest dan posttest kelas eksperimen dari 36,8 menjadi 73 dengan N-Gain sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan berdasarkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan pada setiap indikator dengan nilai rata – rata pretest sebesar 32 dan 38,38 serta nilai rata – rata posttest sebesar 72,8 dan 73,63 dengan masing – masing N-Gain sebesar 0,60 dan 0,55 dengan kategori sedang. Peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap model PjBL-STEM menggunakan Algodoo dengan nilai rata – rata pada setiap aspek sebesar 84,13%. Aspek menarik memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,75%, aspek ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 83,33% dan aspek kemudahan sebesar 80,31%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM menggunakan Algodoo terhadap pembelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: PjBL-STEM, Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Kreatif




