![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Fuzna Laela
- Identitas : 200661025 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi menggunakan laboratorium virtual PhET terhadap keterampilan berfikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain non-equivalent control group. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan jumlah sampel 40, yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pembelajaran berdiferensiasi berupa asesmen diagnostik dan asesmen formatif. Sedangkan instrumen test keterampilan berpikir kritis berupa 20 soal pilihan pretest dan posttest. Data diolah secara statistik non paramatrik menggunakan Uji Wilcoxon dan UjiN-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdifrensiasi menggunakan laboratorium virtual PhET terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang dibuktikan dengan nilai Asmp. Sig 0,000. Tidak ada siswa yang mengalami penurunan hasil belajar dan mengalami peningkatan sebesar 30%. Pada efektivitas pembelajaran berdifrensiasi yang diterapkan memberikan efek sebesar 61% pada kategori “cukup efektif”. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, PhET, Keteampilan Berfikir Kritis, Getaran dan Gelombang




