![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH IMPLEMENTASI LABORATORIUM VIRTUAL PHET PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Amalia Azzahra
- Identitas : 200661031 -IPA
- Abstrak :
Keterbatasan media pembelajaran membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang membutuhkan banyak praktikum. Pengalaman yang interaktif dan inovatif melalui laboratorium virtual dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Media PhET mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui adanya tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana tanpa resiko. Melihat bahwa Laboratorium dapat dijadikan sebuah mediapembelajaran maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Pemanfaatan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran dan Gelombang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sainssiswa dalam pembelajaran Laboratorium Virtual PhET dan mengkaji adanya pengaruh belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual PhET. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian QuasiEksperimental Design. Hasil yang didapatkan, dapat bahwa hasil pengujian hipotesis data post-test pada kelas eksperimen memiliki nilai Sig. (2 tailed) (0,00) < 0,05. Ini menunjukkan dengan pembelajaran menggunakan model Inquiry learning berbantuan media PhET sebagai Virtual Laboratory berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Kata kunci : Laboratorium virtual PhET, Science Process Skill ,IPA




