![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Penerapan Strategi Socio Scientific Issue Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 2 Klangenan
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Linda Nurhikmah
- Identitas : 200661017 - IPA
- Abstrak :
Menghadapi tantangan yang ketat oleh masyarakat, membutuhkan perubahan paradigma dalam sistem pendidikan yang dapat memberikan seperangkat keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menghadapi setiap aspek kehidupan global. Strategi pembelajaran berbasis digital adalah cara yang menggunakan teknologi informasiuntuk meningkatkan, memperkenalkan dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang masalah dan pertanyaan yang berkaitan dengan isu-isu sosial. Kondisi ini membutuhkan perhatian dalam pembelajaran sains untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan proses ini menekankan pencapaian proses dan sikap ilmiah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Klangenan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII C dan VII D yang berjumlah 33 peserta didik. Desain yang digunakan adalah quasy experimental design dengan memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang sama diberikan pre-test dan post-test untuk mengukur hasil keterlaksanan dan kefektifan. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, angket (kuesioner) sebagai alat ukur keefektifan kemampuan literasi sains pada penerapan strategi socio scientific issues berbasis digital, tes untuk melihat peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik, dan LKPD untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Keterlaksanaan pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan berjalan dengan baik dalam tiga kali pertemuan. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan strategi socio scientific issues berbasis digital secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran dengan hasil yang diperoleh secara signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan tanggapan peserta didik yang sangat positif. Adapun saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya yaitu pada penelitian yang serupa dapat menyempurnakan dari dilihat beberapa faktor yang telah dikecualikan dari penelitian ini. Kata kunci: keterampilan abad 21, pembelajaran sains, pembelajaran berbasis digital




