![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh E-LKPD Melalui Pendekatan Etno-STEM Pada Materi Suhu dan Kalor Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Karmila
- Identitas : 200661023 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM pada materi suhu dan kalor terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: 1). Mengetahui keterlaksanaan penggunaan E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM pada materi suhu dan kalor. 2). Mengetahui pengaruh E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. 3). Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen, dengan non-equevalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eskperimen dengan jumlah masing-masing sampel 25 siswa. Penelitian menggunakan instrumen wawancara, E-LKPD, soal tes keterampilan berpikir kritis, observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Terdapat keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM pada materi suhu dan kalor berjalan dengan efektif dan dibuktikan dengan hasil kategori sangat baik dan hampir seluruhnya terlaksana. Terdapat peningkatan sebesar 40% pada kelas eskperimen dibuktikan dengan hasil uji N-Gain yang meningkat. Terdapat respon siswa terhadap penggunaan E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM memiliki kategori baik dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata keseluruhan sebesar 77,2%. Berdasarkan hasil hipotesis, bahwa terdapat perbedaan pengaruh E-LKPD melalui pendekatan Etno-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : E-LKPD, Etno-STEM, Keterampilan Berpikir Kritis




