![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN AUGUMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Siti Wulan
- Identitas : 200661034 - IPA
- Abstrak :
Pendidikan merupakan kunci utama bagi keberhasilan suatu bangsa dan berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pendidikan diharapkan adanya sebuah pencapaian diri manusia dalam meningkatkan sumber daya dan kualitas dirinya sendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pendidikan yaitu dengan meningkatkan mutu, efektifitas, dan efisiensi dalam pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non- equivalent control group design. Dalam rancangan non- equivalent control group design terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Pada desain ini kelompok kontrol dan eksperimen tidak dipilih secara random. Desain ini dilakukan pada dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol pada sub indikator menyimpulkan semuanya mengalami kenaikan. Pada sub indikator memberi induksi kelas eksperimen mengalami kenaikan 38%, sedangkan kelas kontrol mengalami kenaikan 20%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif berbantu augumented reality dapat menjadi solusi dari kurangnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Namun, ada kekurangan yakni belum banyak disajikannya simulasi augmented reality yang lebih kontekstual berdasarkan fenomena yang ada. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu augumented reality menunjukan hasil yang baik dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa yang di buktikan pada hasil uji hipotesis statistic data posttest yang memberikan nilai Sig.(2-tailed)(0,001) < taraf signifikansi (0,05). Kata Kunci : Kooperatif, Augumented, Berpikir




