![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswaal
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Hilda Triyulandari
- Identitas : 200661021 - IPA
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Tata Surya. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII Bsebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: (1). Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada materi tata surya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. (2). Peningkatan berpikir kritis siswa setelah mengikuti model pembelajaran Think Pair Share dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3). Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat keterlaksanaan model Think Pair Share yang tinggi selama dua pertemuan, keduanya termasuk dalam kategori ”Hampir seluruhnya terlaksana”. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen , dengan nilai rata-rata meningkat dari 49,30 menjadi 71,95, dibandingkan dengan peningkatan nilai kelas kontrol dari 53,25 menjadi 67,90.Terdapat respon siswa terhadap penggunaanmodel pembelajaran Think Pair Share memiliki kategori baik dibuktikan dengan hasil rata-rata jawaban siswa mencapai 83,12%. Kata Kunci : Think Pair Share, Pembelajaran IPA, Kemampuan Berpikir Kritis




