![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Media ahealth Education Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Luka Terbuka Di SDN 2 Arjawinangun
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Widya Damayanti
- Identitas : 200711077 - Keperawatan
- Abstrak :
Latar Belakang: Angka kecelakaan pada anak diwilayah Cirebon tahun 2020 sebanyak 381 pada anak siswa di lingkungan sekolah. Hasil studi penelitian yang dilakakukan peneliti didapatkan bahwa 8 dari 11 siswa tidak mengerti tentang apa itu pertolongan pertama terutama pada luka terbuka. Tujuan: Berdasarkan fenomena kurangnya pengetahuan anak tentang pertolongan pertama dan banyaknya angka kejadian kecelakaan pada anak usia sekolah peneliti memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama sebagai upaya pencegahan peningkatan angka kecelakaan siswa. Metodologi: Penelitian Pra-eksperimental ini menggunakan rancangan Pre and Post test one group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner tentang pertolongan pertama pada luka terbuka. Kuisioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai koefisien alpha cronbach’s 0,928. Data dianalisis menggunakan descriptive statistics dan inferential statistics yaitu paired t-test untuk mengetahui perbedaan skor tingkat pengetahuan siswa. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada skor tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan edukasi menggunakan media Health Education Video dengan nilai p-value ,000 yang mana nilai ini menunjukkan signifikan kurang dari p<0,05. Kesimpulan: Penelitian menemukan bahwa penggunaan media Health Education Videosecara signifikan meningkatkan pengetahuan siswa tentang langkah awal pemeriksaan kesehatan di SDN 2 Arjawinangun. Saran:Diharapkan media Health Education Video dapat diterapkan secara menyeluruh dipelayanan kesehatan seluruh Indonesia. Kata Kunci: pengetahuan siswa, luka terbuka, video.




