![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGEMBANGAN PERANGKAT GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIS PADA MASA PANDEMI
- Kategori : Skripsi
- Penulis : IMANUDIN
- Identitas : 180631038
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kevalidan e-Modul berbantuan software Flipbook Maker Tipe Html5 dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Kepraktisan dari e-Modul berbantuan software Flipbook Maker Tipe Html5 dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan (3) Keefektifan dari e-Modul berbantuan software Flipbook Maker Tipe Html5 dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca serta memaknai bacaan dan pembelajaran yang dilakukan dikelas lebih berpusat pada guru (teacher center). Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Karya Nasional Sindangwangi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TBSM. Tahap uji validitas produk dilakukan oleh satu ahli materi dan satu ahli media, untuk uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dan salah satu guru mata pelajaran matematika, serta untuk uji efektifitas dilakukan oleh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket validasi, angket praktikalitas serta soal pretest dan postest kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penilaian uji validitas oleh ahli media mencapai kriteria sangat valid, dengan persentase 82%. Penilaian uji validitas oleh ahli materi mencapai kriteria sangat valid, dengan persentase 84%. (2) Hasil uji praktikalitas guru mata pelajaran mencapai kriteria sangat praktis dengan persentase 94%. Hasil uji praktikalitas siswa mencapai kriteria sangat praktis, dengan persentase 94%. (3) Hasil uji efektifitas mencapai kriteria sedang, dengan persentase 62,0483% sehingga media yang telah dikembangkan dapat dikatakan “cukup efektif” untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.




