Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP GRUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 WALEDDESA KECAMATAN WALED

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : RANOV SUKENDRA WIJAYA
  • Identitas : 191641034
  • Abstrak :

    Ranov Sukendra Wijaya (2022). Pengaruh Penggunaan Whatsapp Grup Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SDN 2 Waleddesa. Situasi pandemi covid-19 mengakibatkan pembelajaran di sekolah secara daring. Whatsapp grup salah satu media sosial yang sering digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar tak terkecuali pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp Grup Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SDN 2 Waleddesa Kecamatan Waled. Metode penelitian ini yang digunakan yaitu kuantitatif survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Waleddesa yang berjumlah 190 orang dengan jumlah sampel siswa Kelas VI berjumlah 26 orang. Hasil penelitian dilihat dari hasil uji hipotesis t yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi penggunaan media sosial whatsapp grup pada tabel coefficiens sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial whatsapp grup berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji Koefisien Korelasi yaitu nilai Pearson Correlation sebesar 0,973 yang berarti tingkat korelasi antara kedua variabel adalah kuat. Hasil dari uji koefisien determinasi besarnya R square adalah 0,947, hal ini berarti penggunaan media sosial WhatsApp Grup memiliki pengaruh sebesar 94,7% terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan sisanya (100%-94,7% = 5,3 %) dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional