Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



ANALISIS IMPLEMENTASI DAN EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM DONASI BARANG SUPER INDO (Studi Pada Program Donasi Super Indo Kesambi, Cirebon Tahun 2020)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : DIAN PERMATASARI
  • Identitas : 160211008
  • Abstrak :

    Super Indo adalah salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia. Super Indo telah berkembang secara luas dan memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa daerah Indonesia. Super Indo memiliki sebuah program donasi berupa parcel yang diadakan setiap bulan Ramadhan. Strategi komunikasi dalam menyampaikan program donasi tersebut, dibuat dan diimplementasikan selama masa promosi program donasi tersebut. Evaluasi strategi komunikasi juga dilakukan sebagai langkah untuk terus memperbaiki program donasi tersebut di masa depan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan evaluasi strategi komunikasi Super Indo dalam melakukan sosialisasi program donasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Effendy dan Lasswell sehingga strategi komunikasi dibagi menjadi lima bagian yaitu komunikator, pesan, komunikan, media, dan efek. Selanjutnya menentukan target dan melakukan evaluasi dari strategi yang telah dijalankan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif. Penelitian lapangan adalah kegiatan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden yang berada di suatu tempat. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metode pengumpulan data lainnya untuk menyajikan respons-respons dan perilaku subjek. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa implementasi strategi komunikasi untuk program donasi parcel yang diadakan oleh Super Indo berhasil dengan baik, dibuktikan dengan antusiasme konsumen dalam mengikuti program donasi tersebut serta target paket parcel tahun 2020 lebih banyak dari jumlah yang ditargetkan. Evaluasi strategi komunikasi tetap dibutuhkan untuk mempertahankan apa yang sudah baik dan terus meningkatkan standar dalam operasional setiap program, yaitu dengan menggunakan media sosial sebagai media untuk menyebarkan informasi secara luas. Kata Kunci : Strategi komunikasi, program donasi, implementasi, evaluasi

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional