![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKATIF PUZZLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SDN 1 GEYONGAN
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Abid Rifqi
- Identitas : 190641018
- Abstrak :
Media puzzle adalah jenis permainan yang mendorong perkembangan logika anak, dimainkan dengan menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk yang lengkap. Pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada perkembangan kecerdasan intelektual, tetapi juga memberikan perhatian pada pendidikan karakter. Konsep ini sejalan dengan tujuan negara yang dijelaskan pada UU No. 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3. Perlu adanya pertimbangan mengenai peran pekerja sosial di sekolah secara serius. Mereka berperan penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter, sehingga tujuan tersebut dapat tercapai Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II sdn 1 Geyongan Cirebon.Penelitian ini menggunkan Metode penelitian Analisis teknik pengumpulan data menggunkan angket yang umumnya dilakukan pada peneliti kualitatif dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II di SDN 1 Geyongan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan metode lainnya. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan, dan verifikasi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil diperoleh rata-rata skor angket siswa secara keseluruhan terhadap motivasi belajar siswa mencapai 30,27 dengan interpretasi lemah. Berdasarkan hasil rata-rata jumlah skor angket secara keseluruhan terhadap pembelajaran IPA menggunakan media pembelajaran game edukatif puzzle motivasi belajar yaitu mencapai 6,96% dan dapat dinyatakan baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menggunakan teori sugiyono secara keseluruhan penggunaan media pembelajaran sangat positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas II. sangat menarik minat belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Guru terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan tidak merasa jenuh. Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPA meningkatkan motivasi minat belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan persentase indikator minat belajar siswa. Kata kunci: Analisis motivasi, game edukatif puzzle




