Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 BEBERAN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : AINUN ISTIYANA
  • Identitas : 190641110
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran menggunakan media animasi interaktif seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media animasi interaktif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Beberan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Beberan dengan jumlah sampel sebanyak 20 peserta didik dengan menggunakan teknik OneGrup Pretest Posttest Design. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar tes dan angket. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Beberan. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah dengan nilai rata-rata 38. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media animasi interaktif adalah dengan nilai rata-rata 80. Hasil uji-t diperoleh taraf signifikan 0,000. Hal ini membuktikan bahwa media animasi interaktif memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 1 Beberan. Kata Kunci: Media Animasi Interaktif, Hasil Belajar Siswa, IPA

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional