![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ALIYA IKRIMAH ISKA
- Identitas : 190641059
- Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Dapat mengetahui kreativitas peserta didik sebelum diterapkannya media pembelajaran mind mapping dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning pada mata pembelajaran IPA materi Ekosistem bagaidi SDN Prapag Lor 02 (2) Dapat mengetahui penerapan mind mapping dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning pada mata pembelajaran IPA materi Ekosistem bagaidi SDN Prapag Lor 02 (3) Dapat mengetahui kreativitas peserta didik sesudah diterapakannya media pembelajaran mind mapping dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada mata pembelajaran IPA materi Ekosistem bagaidi SDN Prapag Lor 02. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dilihat dari hasil penelitian dengan observasi data nilai awal kreativitas peserta didik yang masih di bawah nilai rata-rata yaitu dengan nilai 67. (2) dilakukan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran project based learning (3) Kreativitas peserta didik meningkat sesudah diterapkannya media pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning mata pembelajaran IPA materi Ekosistem pada peserta didik. Hal ini dapat Dilihat dari siklus I peserta didik mampu melampaui nilai KKM yaitu sebanyak 26 (74%) peserta didik yang semula hanya 10 (26,31%) peserta didik yang mencapai nilai rata-rata. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II yang mencapai nilai rata-rata yaitu 32 (91%) peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kreativitas peserta didik dalam menggunakan media Mind Mapping dengan Model Pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Kata kuunci: Mind Mapping, Project Based Learning, Kreativitas, Ekosistem




