Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : ANGGISTA PUTRI NOVTHALIA
  • Identitas : 190641003
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi eksplanasi yang digunakan siswa kelas V Negeri 1 Semplo Kabupaten Cirebon tahun 2022/2023. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dengan satu kali pertemuan per siklus. Instrumen dari penelitian ini yaitu lembar observasi, angket, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes, untuk menganalisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, dengan target ketuntasan klasikal sebesar 80 %, dengan nilai KKM 75. Dari hasil analisis prasiklus dari 27 siswa, 5 atau (19%) tuntas, selanjutnya pada tahap siklus I meningkat menjadi 14 atau 52% tuntas dan pada tahap siklus II jumlah siswa tuntas mencapai 23 atau 85%. Peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai siswa, pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 58,88, selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan 12,25 poin menjadi 71,14 dan pada siklus II terjadi peningkatan 5,86 poin dari siklus I menjadi 77. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas menulis teks eksplanasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem bassed Learning dan media gambar berseri lebih baik dari sebelumnya. Kata Kunci : hasil belajar, menulis teks eksplanasi, problem bassed learning.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional