![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN NILAI SISWA KELAS 2 SDIT AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON PADA KONSEP MENGUKUR PANJANG DAN BERAT
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SITI NAWANG WULAN
- Identitas : 221641007
- Abstrak :
Siti Nawang Wulan, Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Nilai Siswa Kelas 2 SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Lemahabang Kabupaten Cirebon Pada Konsep Mengukur Panjang dan Berat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon. Pembimbing I, Hanikah, M. Pd dan Pembimbing II, Dr. Arief Hidayat Afendi, M.Ag. Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran Matematika kelas 2 SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Lemahabang, yaitu menyangkut rendahnya nilai siswa pada materi pelajaran mengukur panjang dan berat. Penyebab timbulnya adalah karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pada penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode diskusi. Penerapan metode diskusi ini dilaksanakan di kelas dengan menggunakan 2 siklus. Setelah menerapkan metode diskusi dengan 2 siklus, nilai siswa kelas 2 SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Lemahabang pada materi pelajaran konsep mengukur panjang dan berat mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan menggunakan metode diskusi pada materi pelajaran mengukur panjang dan berat di kelas 2 SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Lemahabang Kabupaten Cirebon terjadi peningkatan nilai baik di siklus I maupun di siklus II. Banyaknya siswa yang melampaui nilai KKM pada siklus I sebesar 54,17%. Karena persentase nilai tersebut masih belum memenuhi kriteria ketuntasan kelas, maka dilanjutkan melalui siklus II dan diperoleh hasil jumlah siswa yang melampaui KKM sebesar 87.50%. Nilai persentase tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan kelas, namun demikian disarankan perlakuan dilanjutkan pada siklus III pada penelitian yang serupa. Kata Kunci: Metode Diskusi, Nilai Siswa, Konsep Mengukur Panjang dan Berat




