![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIARY LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS II
- Kategori : Skripsi
- Penulis : CINDY CILVANA
- Identitas : 190641062
- Abstrak :
Efektivitas Penggunaan Media Diary Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Interaktif Bagi Peserta Didik Kelas II. Literasi menjadi sangat penting hal ini sesuai dengan amanat pendidikan di indonesia bahwa pendidikan saat ini terutama di tingkat SD dalam pembelajaran diarahkan pada penguatan literasi. Literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, yang terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang. Proses membaca dapat membantu siswa untuk memperluas wawasan dan mencari informasi serta mendapatkan pengetahuan. Jika siswa mengalami masalah dalam kegiatan membaca maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan selama PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), peneliti menemukan kendala dalam proses pembelajara yang melibatkan peserta didik di kelas II untuk menggali isi bacaan dari teks yang merekabaca, terutama dalam buku pelajaran yang menyajikan teks padat sehingga terjadi penurunan dalam minat baca siswa peserta didik kelas II dan berpengaruh pada hasil belajar mereka. Adapun tujuan penelitian skripsi adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penggunaan media Diary Literasi terhadap kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel. Untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap kemampuan membaca digunakan kelas eksperimen dan kelas control yang berguna untuk menganalisis perbedaan hasil yang didapatkan. Hasil yang didapat kemudian akan diolah dengan perangkat lunak SPSS melalui Uji Validitas, Uji Simultan dan Uji T.




