![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA SUBTEMA 1
- Kategori : Skripsi
- Penulis : DESI SILVIA
- Identitas : 190641052
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa di kelas kontrol dalam pembelajaran pada subtema 1, (2) mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa di kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan media power point pada subtema 1, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Media power point terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada subtema 1. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di SDN 1 palimanan beberan yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari kelas VA dan VB. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa dan VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 siswa dengan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampelnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang diberikan kepada siswa sebagai bentuk pretest dan postest yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 butir soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ratarata pretest di kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 44,7 dan sedangkan nilai rata-rata postest pada kelas kontrol 57,8, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen diperoleh sebesar 57,5 sedangkan rata-rata nilai postets pada kelas eksperimen 76. Pada hasil uji-t baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen, diperoleh hasil uji-t postest sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hasil uji-t postest memiliki sig. 0,000 yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media power point dalam pembelajaran pada subtema 1 lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran tanpa penggunaan media power point.sedangkan hasil perhitungan N-Gain score, Untuk N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai N-Gain sebesar 0,3656 dengan kriteria sedang. Kata kunci: Media pembelajaran;Media power point;hasil belajar




