![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI MATH TRAINING FOR KIDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Elis Nurfitriana
- Identitas : 190641010
- Abstrak :
Penggunaan model dan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat mengajar belum maksimal hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah serta pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi math training for kids terhadap hasil belajar siswa pada materi perhitungan bilangan asli kelas IV SDN 1 Waleddesa. Jenis penelitian ini adalah pre experimental dengan desain One Group PretestPosttest. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik. Berdasarkan uji statistik deskriptif hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,66 sedangkan hasil belajar siswa sesudah adanya perlakuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,66. Berdasarkan uji T (Paired T test Sample) pada taraf signifikansi 0,05 dengan frekuensi (db) sebesar 30 – 1 = 29 diperoleh ttabel yaitu 2,045. Maka diperoleh bahwa hasil perhitungan thitung sebesar 12,959 lebih besar dari ttabel yaitu 2,045 atau 12,959 > 2,045 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pula hasil uji korelasi sebesar 0,938 dan nilai pengaruhnya sebesar 0,879 atau 87,9%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi maths training for kids memiliki tingkat pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi maths training for kids terhadap hasil belajar siswa pada materi perhitungan bilangan asli di kelas IV SDN 1 Waleddesa. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Aplikasi Maths Training For Kids, Hasil Belajar




