![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SDN 2 GEGUNUNG
- Kategori : Skripsi
- Penulis : INESTA AYUNINGTYAS S
- Identitas : 190641021
- Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inquiry berbantuan media quizwhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di SDN 2 Gegunung pada materi Tema 9(Benda-benda di Sekitar Kita) Subtema 1 (Benda Tunggal dan Campuran). Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di SDN 2 Gegunung yang berjumlah 23 siswa dengan teknik Purposive Sampling dan Sampling Jenuh. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 43,91 dan nilai rata-rata siswa sesudah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 80,00. Hal ini menunjukan hasil posttest lebih baik daripada hasil pretest. Dari kedua data tersebut terlihat peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari perhitungan N-gain skor sebesar 0,7148 termasuk kategori tinggi serta pengujian hipotesis yang menunjukan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai R square sebesar 78,8%. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh model inquiry berbantuan media quizzwhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di SDN 2 Gegunung pada materi Tema9 (Benda-benda di Sekitar Kita) Subtema 1 (Benda Tunggal dan Campuran). Kata kunci: model inquiry, quizwhizzer, hasil belajar




