![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 1 WALEDDESA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : INEZ AURA ULFANI
- Identitas : 190641119
- Abstrak :
Di kelas V SD Negeri 1 Waleddesa diperoleh informasi bahwa guru kelas V masih cenderung menggunakan media dan pendekatan yang konvensional dalam proses pembelajaran. Kurangnya penggunaan media dan pendekatan pembelajaran membuat peserta didik pasif dalam proses pembelajaran di kelas. Perlu adanya upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menerapkan pendekatan saintifik dan media video animasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPA yang telah dibuat oleh guru kelas 5 yang masih menggunakan kurikulum 2013, untuk mengetahui proses penerapan pendekatan saintifik di kelas V pada mata pelajaran IPA menggunakan media animasi video pembelajaran, dan untuk melakukan evaluasi tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan bantuan media animasi video pembelajaran. jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Waleddesa Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Objek penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes evaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan bertahap dari pra siklus sampai siklus II. Hasil belajar peserta didik pada pra siklus sebelum diterapkan pendekatan saintifik dan media animasi video pembelajaran diperoleh hasil nilai rata-rata 68,00 dengan presentase 34% peserta didik yang tuntas dan 66% peserta didik belum tuntas. Kemudian, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik 69,00 dengan presentase 46% peserta didik yang tuntas, dan 54% peserta didik belum tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik 79,00 dengan presentase 86% peserta didik yang tuntas, dan 14% peserta didik belum tuntas. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas V meningkat dengan sangat baik. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Media Animasi Video Pembelajaran, Hasil Belajar




