![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ISNAENI NUR HIKMAH
- Identitas : 190641034
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); (2) Mengetahui pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri 2 Panguragan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik; (3) Mengetahui penggunaan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SD Negeri 2 Panguragan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Panguragan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. data pada penelitian ini, yaitu menggunakan teknik deskriptif untuk menganalisis data dari ahli media, ahli materi, dan ahli kebahasaan. Sedangkan data kualitatif diubah menjadi kuantitatif dengan memberikan skor 0-4 pada setiap aspek yang diobservasi sesuai dengan indikatorindikator yang muncul. Skor yang diperoleh dibagi skor maksimal dibagi 100%, kemudian dikonversikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar merupakan produk yang valid dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang digunakan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik




