Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF E-BOOK PADA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS KREATIVITAS SISWA DI KELAS IV DI SD NEGERI PELANDAKAN 1

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : ITA NOVIANA
  • Identitas : 221641011
  • Abstrak :

    Kurangnya partisipatif aktif siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan konsep materi pelajaran IPAS yang bersifat abstrak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan media dalam proses pembelajaran belum bervariasi dan belum dapat memvisualisasikan konsep materi IPAS yang bersifat abstrak. Media pembelajaran yang digunakan juga belum dapat mengembangkan kreativitas siswa secara maksimal, sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji pemakaian produk berbentuk media pembelajaran berupa media interaktif berbasis e-book pada pembelajaran IPAS kelas IV. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dari tahap satu sampai tahap delapan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pelandakan 1. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuesioner skala likert dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terkait respon siswa terhadap produk yang dikembangkan adalah “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPAS. Siswa juga menyatakan bahwa belajar menggunakan produk ebook sangatlah menyenangkan, materi yang dipelajari lebih mudah untuk dipahami, dan ebook mudah untuk dioperasikan. Kata kunci: Media Interaktif, IPAS, E-book

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional