Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : LELA MONIKA
  • Identitas : 190641048
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya literasi sains yang dimiliki siswa kelas V. Rendahnya kemampuan ini dikarenakan pembelajaran sains yang belum optimal dilaksanakan serta masih belum tepatnya strategi pembelajaran yang diterapkan pada proses belajar. Sejalan dengan permasalahan tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Phet Simulation untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Keduanan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan pendekatan kuantitatif desain PreExperimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi penerapan, lembar angket respon siswa, lembar tes (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil pengujian Uji-T (Paired Samples T-test) dengan menggunakan SPSS untuk meningkatkan literasi sains siswa memperoleh hasil pretest dan posttest yaitu terdapat nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau Sig. senilai 0,000 < 0,05 sehingga menolak H0 dan menerima Ha dengan demikian artinya data Uji-T tersebut berpengaruh. Keputusan uji hipotesis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Phet Simulation untuk meningkatkan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media Phet Simulation, Literasi Sains Siswa

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional