Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : LESTARI INDRIYANI
  • Identitas : 190641044
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Peserta didik kurang mampu memerinci (C4), peserta didik kurang mampu menyimpulkan (C5), dan peserta didik kurang mampu menghasilkan karya (C6). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran PPKn di kelas V UPTD SD Negeri 3 Dukuhjati, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian Pre-experimental design dengan rancangan One Grup Pre test-Post testt Design. penelitian ini menggunakan instrumen studi dokumentasi, tes hasil belajar. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-Test. Hasil uji hipotesis hasil belajar diperoleh nilai sig = 0,000. Ini berarti, hasil uji hipotesis hasil belajar data pretest, data posttrest mempunyai nilai signifikan < 0.05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hasil uji rata-rata normalized gain (n-gain) hasil belajar, skor rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik yang di hitung berdasarkan gain ternormalisasi diperoleh sebesar 0,7761 dengan kriteria tinggi. Sedangkan hasil uji rata-rata normalized gain (n-gain) persen hasil belajar diperoleh sebesar 77,6067% yang menunjukkan kategori tafsiran efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn efektif dilakukan. Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil belajar peserta didik, Mata pelajaran PPKn

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional