Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN 2 Tunggulpayung)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : LISAN PERMANA PUTRI
  • Identitas : 190641020
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatar belakangi dari kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung dikelas V masih menerapkan metode ceramah, dan diskusi yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga minat belajar siswa dalam proses pembelajaram berkurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 2 Tunggulpayung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode Pre-experimental model One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Tunggulpayung sebanyak 112 peserta didik. Sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas V sebanyak 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menyebar angket, tes belajar, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes angket minat belajar 43.84 dan posttest 49.26. sedangkan pretest tes belajar 66.42 dan posttest 82.42. berdasarkan uji hipotesis (paired sampel test) diperoleh nilai angket minat belajar dan tes belajar sebesar sig.(2 tailed) 0,000 yang berarti lebih kecil dari < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi anatara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan minat dan tes berlajar pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 2 Tunggulpayung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Minat belajar, Tipe Make A Match

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional