Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



POLA ASUH ORANG TUA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TANJUNGANOM KECAMATAN PASALEMAN KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : MAMAN ROHMAN
  • Identitas : 211641019
  • Abstrak :

    Kurangnya disiplin belajar di kalangan siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain lemahnya perhatian orang tua terhadap anaknya dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan pekerjaanya, dampak interaksi sosial di lingkungan siswa, perkembangan media elektronik dan kurangnya akses demokrasi dari orang tua. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini mengeksplor fenomena proses pola asuh orangtua meningkatkan disiplin belajar siswa di SD Negeri 2 Tanjunganom Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon. Selain itu penelitian ini juga bersifat induktif dan hasilnya lebih menekankan makna. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pola asuh (otoriter, permisif, demokratis) mempengaruhi disiplin dan kemandirian belajar siswa. Faktor internal (tanggungjawab, motivasi) dan eksternal (lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat) sangat berpengaruh. Pola asuh demokratis mendukung disiplin dan mandiri siswa. Kesimpulannya, peran orang tua dan lingkungan dalam membentuk disiplin belajar sangat penting.Hasil penelitian menyarankan perbaikan dalam meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa. Kepala sekolah perlu memperbaiki peraturan, guru memberi contoh, orang tua memberikan motivasi dan dukungan, serta siswa mematuhi aturan dan tanggung jawab. Sinergi antara sekolah, orang tua, guru, dan siswa menjadi kunci dalam membentuk disiplin belajar yang efektif. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Pola Asuh, Peran Orang Tua

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional