Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 CEMPAKA

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : MELINDA ALFIANTI
  • Identitas : 190641060
  • Abstrak :

    Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan pembelajaran bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal tersebut mengakibatkan kondisi pembelajaran dikelaspun tidak kondusif dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa IV di SD NEGERI 1 Cempaka.Data yang diperoleh dari data hasil tes sebelum pembelajaran (pretest) dan sesudah pembelajaran (posttest) pada pembelajaran matematika volume 2 pecahan. Adapun jeis penelitian ini pra eksperimental dengan menggunakan desaign One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 28 siswa, penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dan pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari data analisis awal mengenai hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika volume 2 (pecahan) untuk pretest yaitu 4,07 sedangkan pada posttest yaitu 15,50. Terlihat jelas perbedaan dalam menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, jadi Model Pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebagaimana data hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika volume 2 (pecahan) menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang di hitung berdasarkan N-gain yaitu 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar siswa

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional