![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III SDN 1 SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON
- Kategori : Skripsi
- Penulis : MOHAMMAD NUR ISKANDAR
- Identitas : 190641073
- Abstrak :
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat suatu permasalahan dalam pembelajaran yaitu pembelajaran yang pasif, kurang bervariatif, dan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga harus adanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk memunculkan kekreatifan siswa. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan salah satu teknik pembelajaran yang sifatnya bermain yaitu teknik Scramble. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan teknik scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 1 Setu Kulon, (2) untuk mengetahui pelaksanaan teknik scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 1 Setu Kulon, dan (3) untuk mengetahui hasil pelaksanaan teknik scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 1 Setu Kulon Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas yang diadopsi dari model Mc Taggart yang memperkenalkan empat tahapan dalam melaksanakan metode tindakan. Keempat komponen tersebut meliputi perencanaan (plannaing), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu meningkatnya siswa dan adanya perubahan hasil membaca pemahaman disetiap siklusnya. Pada prasiklus diperoleh hasil siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dari jumlah 41 siswa atau hanya 32% siswa mampu melewati batas KKM yang ditetapkan yaitu 70, sedangkan pada pasca tindakan siklus I siswa yang tuntas naik 17 siswa jadi sebanyak 30 atau 73% siswa tuntas dalam membaca pemahaman. Pada pasca tindakan siklus II siswa yang tuntas semakin meningkat yaitu sebanyak 37 siswa atau 90% siswa tuntas dalam membaca pemahaman. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan teknik Scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sangat efektif. Kata Kunci: teknik Scramble, membaca pemahaman, Penelitian tindakan kelas (PTK), siswa




