Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PERANAN METODE KOMUNIKASI GURU DENGAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL LASSWELL DALAM SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI KELAS I DAN II SD NEGERI 2 SUTAWINANGUN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NIDA NURSHOFA
  • Identitas : 221641005
  • Abstrak :

    Model komunikasi lasswell yang diterapkan dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan dapat dilihat oleh guru dan telah berhasil dalam mendidik anak didik dari aspek kognitif (pengetahuan) dan aspek affective (sikap). Tujuan membantu guru untuk memfasilitasi komunikasi yang jelas dan efektif dengan siswa, meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang akan diuraikan secara deskriptif. Saat kondisi awal komunikasi yang terjadi antara guru dengan peserta didik belum melalui model lasswell. Setalah dilaksanakannya wawancara dengan observasi dan dibantu dokumentasi dapat dikatakan melalui model komunikasi lasswell membantu guru dan meningkatnya komunikasi dua arah yang baik serta terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Hasil dan pembahasan yang didapat komunikasi guru dengan model lasswell dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan: (1) membantu guru untuk memfasilitasi komunikasi yang jelas dan efektif dengan siswa, meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa; (2) adanya kebebasan siswa dalam memperoleh informasi dalam pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan komunikasi, terjangkaunya aspek kognitif serta meningkatkan sikap dalam berkomunikasi siswa. Akibatnya pembelajaran menjadi lebih maju dikarenakan pengimplementasian komunikasi lasswell. Kata Kunci: Metode Komunikasi; Model Lasswell; Suasana Pembelajaran

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional