![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PERANAN PERATURAN KELAS SECARA TERTULIS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN 1 PESANGGRAHAN – PLUMBON CIREBON
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NINDI ZIKRIANA
- Identitas : 221641001
- Abstrak :
Salah satu aspek dalam menciptakan suasana kelas yaitu disiplin. Untuk membentuk siswa yang disiplin harus ada peraturan yang diterapkan di setiap kelas. Studi kasus dilakukan di Kelas IV SD Negeri 1 Pesanggrahan Kecamatan Plumbon dengan melibatkan satu guru dan 21 Siswa. Metode penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Dengan teknik ini peneliti melakukan pengamatan kepada siswa secara langsung dan mencatatnya secara sistematis. Penggunaan teknik observasi dan alat bantu dinilai cukup membantu dalam mengambil data. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan didapat bahwa siswa memilih teman dalam bergaul, hal tersebut berdampak pada terbentuknya pengelompokan siswa. Pengelompokan ini dapat terlihat terhadap pola perilaku siswa di dalam kelas salah satunya disiplin dalam berperilaku. Selain observasi, alat bantu wawancara juga digunakan untuk proses pengambilan data. Instrumen ini membantu peneliti dalam mengarahkan percakapan dengan responden dan memastikan bahwa topik-topik yang relevan dibahas secara komprehensif. Faktor-faktor seperti keterlibatan guru dan dukungan dari orang tua juga mempengaruhi efektivitas peraturan kelas dalam membangun rasa disiplin. Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi para pendidik dalam merancang peraturan kelas tertulis untuk menciptakan siswa yang displin. Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni peran peraturan tertulis sangat berpengaruh untuk kedisplinan siswa dalam kegiatan belajar mengajar baik di dalam maupun di luar sekolah. Kata Kunci: Disiplin, Komprehensif, Observasi, Kualitatif, Berperilaku.




