Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD ADVENT KOTA CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NUNING UKAESIH
  • Identitas : 190641085
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa kelas empat kesulitan memahami pecahan, terutama ketika mempelajari cara menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah nilai KKM. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan pembelajaran pecahan realistik berdasarkan keadaan nyata. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan RME. RME adalah pendekatan pembelajaran matematika yang diarahkan pada pengalaman sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif, data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pecahan dan penyebut tidak sama dengan metode RME pada setiap siklusnya, terlihat rata-rata nilai siklus I sebesar 68, dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 75%, sedangkan rata -rata nilai siklus II adalah 85 dan tingkat ketuntasan siklus kedua adalah 90%. Oleh karena itu pembelajaran materi pecahan dengan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Advent Kota Cirebon. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan RME, Pecahan

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional