Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDS DARUSSALAM (Tema 7 Sub Tema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NUR AENI
  • Identitas : 190641072
  • Abstrak :

    Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai pada materi pembelajaran menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan model mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkan mpodel mind mapping pada peserta didik di SDS Darussalam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Pre-experimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SDS Darussalam. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar tes pretest-posttest dan lembar observasi. Hasil analisis yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest iatu 55,6 yang tergolong rendah sedangkan nilai rata-rata posttest setelah diberikan model pembelajaran mind mapping mengalami peningkatan yaitu 82.4. selain itu, dari hasil uji hipotesis uji Paired Sample t-test diperoleh nilai sig (2=tailed) 0,000 yang artinya kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : mind mapping, hasil belajar, Bahasa Indonesia

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional