Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI NASIONALISME PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN 2 PESANGGRAHAN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : PUTRI AMELIA
  • Identitas : 190641071
  • Abstrak :

    Paradigma lama menggunakan model tradisional dalam pembelajaran harus diubah agar mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Belum berhasilnya pembelajaran PKn salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang menekankan unsur afektif dan aktif adalah model Value Clarification Technique (VCT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan serta pengaruh model pembelajaran Value Clarificaton Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai nasionalisme siswa kelas III SDN 2 Pesanggrahan. Menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen, desain penelitian PreEksperimental design tipe One Grup Pre test-Post test Design. Hasil penelitian ini berupa (1) Diporoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 4,59 dengan standar deviasi 1,141. Sementara itu, nilai pre-test terendah 3,00 dan nilai pre-test tertinggi sebesar 7,00. Rata-rata nilai post-test sebesar 7,95 dengan standar deviasi 1,090. Nilai post-test terendah sebesar 6,00 dan nilai post-test tertinggi mencapai 9,00. Rata-rata nilai post-test siswa lebih tinggi 3,36 dari nilai pre-test nya. (2) Hasil analisis data dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarificaton Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai- nilai nasionalisme siswa di kelas III SDN 2 Pesanggrahan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Value Clarificaton Technique (VCT), Pemahaman Nilai.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional