Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW WANT LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 BOJONGNEGARA

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : PUTRI HELMALIA RINZANI
  • Identitas : 190641105
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi KWL (Know Want Learned) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Bojongnegara dan apakah terdapat pengaruh strategi KWL (Know Want Learned) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Bojongnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif eksperimen bentuk desain Pre-experimental Design dengan menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Adapun hasil penelitian dari hasil data observasi, guru dalam menerapkan strategi KWL (Know Want Learned) diperoleh skor 100%, sedangkan untuk nilai pretest yaitu memiliki nilai rata-rata 41,91, dengan nilai minimum 20 dan nilai maximum 60. Selanjutnya nilai posttest yaitu rata-rata 83,08, dengan nilai minimum 65 dan nilai maximum 100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan strategi KWL (Know Want Learned) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman sebesar 45,4%. Kata Kunci: Strategi Membaca, KWL (Know Want Learned), Kemampuan Membaca Pemahaman

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional