Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIANBAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN 1 ASTANAJAPURA

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : QORIAH
  • Identitas : 190641131
  • Abstrak :

    Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 1 Astanajapura, sehingga peneliti mengambil judul pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SDN 1 Astanajapura dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SDN 1 Astanajapura. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari 1kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yaitu menggunakan tes dan angket, tes digunakan untuk menghitung hasil belajar aspek pengetahuan dan angket untuk menghitung hasil belajar aspek sikap. Hasil pengujian hipotesis uji regresi dengan bantuan program spss versi 26, menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. hasil R Square diperoleh angka 24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh sebanyak 24% terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional