Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAME (CELL TO SINGULARITY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VI MI PUI Dermayu Pada Materi Sistem Tata Surya)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : RACHMAT AGUNG GIANTHARA
  • Identitas : 190641114
  • Abstrak :

    Paradigma teknologi dalam pendidikan mencakup penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran, dengan memanfaatkan aplikasi dan alat pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang lebih interaktif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi awal belajar siswa, 2) mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning berbantuan media game Cell to Singularity, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perangkat pembelajaran, pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada awal penelitian, tingkat pemahaman siswa terhadap materi sistem tata surya hanya mencapai 31,25% dengan kategori rendah, 2) penerapan model problem based learning berbantuan media game Cell to Singularity efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya, 3) meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 81,43 dengan persentase mencapai 100%. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pembelajaran materi sistem tata surya di tingkat kelas VI MI PUI Dermayu. Model PBL yang didukung oleh media game Cell to Singularity membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dan meningkat tentang konsep-konsep sistem tata surya secara menarik dan interaktif. Kata Kunci: Problem Based Learning, Game Cell to Singularity, Hasil Belajar Siswa, Sistem Tata Surya

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional