![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA TEMA 6 ( Penelitian Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Beber)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : RISKA AMELIA
- Identitas : 190641066
- Abstrak :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan berbicara peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tema 6 mata pelajaran IPS. Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan hanya menggunakan model konvensional yang menyebabkan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara pada tema 6 pada maa pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Beber. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi sekaligus sampel penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki hasil belajar lebih baik dari pada sebelum menggunakan media gambar. Analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah 16,200 dengan frkuensi db 39 - 1=38, pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel=1,687. Jadi, thitung>ttabel atau hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis alternative H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggnaan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Talking stick, Keterampilan Berbicara




