Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PESANGGRAHAN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : SILVI WIDYANINGSIH
  • Identitas : 190641081
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan karangan deskripsi di SDN 1 Pesanggrahan. Berdasarkan observasi di kelas III B bahwa banyaknya siswa yang kurang menggali ide kreatif, kurang mampu mengembangkan gagasan kedalam sebuah karangan deskripsi, kurang memiliki percaya diri pada kemampuan menulis, belum terampil memuat kerangka karangan yang padu dan efektif, belum terampil menggunakan ejaan kata atau kalimat serta penempatan tanda baca yang sesuai dengan EYD, kurang menciptakan komunikasi dua arah dalam menyampaikan materi pelajaran dan kurang memberikan kesempatan pada siswa dalam mengkomunikasikan hasil tulisannya. Oleh karena itu diperlukan suatu perbaikan, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan penggunaan media gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran serta kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas III SD dengan pengunaan media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desain yang digunakan yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart dengan model spiral. Peneliti ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tindakan. Instrumen yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, catatan lapang dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh selama penelitian dengan menerapkan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi terlihat siswa sudah mampu mendeskripsikam karangan dengan baik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai proses belajar siswa dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam setiap siklusnya. Berikut nilai rata-rata proses siswa pada siklus I 73%, siklus II 76%. Serta nilai ketuntasan siswa dalam belajar menulis karangan deskripsi pada siklus I 58%, siklus II 75%. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Media gambar Seri, Siswa Sekolah Dasar

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional