![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN (Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran IPA pada Kelas V di SDN 2 Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SITI FARHAH
- Identitas : 190641017
- Abstrak :
Pengoptimalan sebuah proses pembelajaran, guru seharusnya menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna tercapainya tujuan pembelajaran. Guru sebaiknya menggunakan metode eksperimen karena peserta didik akan diberi kesempatan untuk mengalaminya secara langsung sehingga peserta didik dapat berpikir secara kritis untuk memecahkan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SDN 2 Marikangen pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda melalui metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pra siklus yaitu 23% atau 7 peserta didik yang dapat berpikir kritis, meningkat pada siklus I menjadi 61% atau 19 peserta didik yang dapat berpikir kritis, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 94% atau 29 peserta didik yang dapat berpikir kritis. Selain itu, hasil belajar peserta didik ikut mengalami peningkatan. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN 2 Marikangen, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Metode Eksperimen, Hasil Belajar.




