Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VA SDN 1 DURAJAYA

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : SRI INDAH LESTARI
  • Identitas : 190641011
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada materi bangun ruang di kelas Va sebelum dan sesudah menggunakan game bases learning, untuk mengetahui pengaruh game based learning berbantuan wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VA SDN 1 Durajaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimental dengan menggunakan desain pre-experimental design yang meliputi hanya satu kelompok atau kelas yang diberikan pra dan pasca uji. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Durajaya dengan sampel penelitian kelas VA yang berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai rata-rata motivasi sebesar 48,00 sebelum perlakuan dan 51,88 sesudah perlakuan. Berdasarkan uji hipotesis nilai uji hipotesis nilai sigifikansi yang diperoleh dengan menggunakan uji T (paired sample test) diperoleh nilai sebesar 0,001 yang mempunyai arti terdapat pengaruh yang signifikan karena nilai signifikansi kurang dari 0,005. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai korelasi/hubungan (R) sebesar 0,559 yang berarti angka korelasinya sedang. Artinya ada hubungan antara model game based learning berbantuan wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi bangun ruang berukuran sedang. Pada data tersebut diperoleh koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,312 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu 31,2%. Kata Kunci: Model Game Based Learning,Wordwall,Motivasi Belajar Peserta Didik.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional